Cemerlang saat wawancara

Kiat Menjadi Juara

Tulis resume secara efektif. Anda perlu menggambarkan skill, pengalaman, serta tujuan-tujuan Anda menjadi rangkaian cerita singkat yang menarik perhatian pemberi kerja.

Atur dan tata portofolio ini sehingga ‘masuk’ dengan resume.

Tonjolkan ciri khusus Anda dalam materi tertentu dengan seni & gaya unik Anda, misalnya, ilustrasi, presentasi, video 2D/3D, dll.

Cobalah mengirim resume langsung ke perusahaan atau konsultan pekerjaan ke alamat email mereka. Anda juga dapat bertanya ke teman dalam jaringan Anda dan meminta rekomendasi mereka.

Saat Menerima Panggilan Wawancara

Saat menerima panggilan wawancara, bersikap sopan dan jawab pertanyaan mereka dengan tenang. Jika Anda tidak mengerti kata atau pertanyaan dalam wawancara, minta pewawancara mengulang pertanyaan atau salahkan diri Anda karena “tidak dapat mendengar kalimat Anda (pewawancara) dengan jelas”.

Menjelang Wawancara

Sebaiknya kumpulkan informasi tentang nilai pasar perusahaan, pemain besar, tujuan-tujuan, dan status atau posisi perusahaan sejak awal sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan selama proses wawancara. Kenakan busana yang pas untuk wawancara dan berlatih menjawab pertanyaan tak terduga yang mungkin dilontarkan calon pemberi kerja. Jangan menimbulkan kesan Anda bertahan, atau ngotot. Ciptakan kesan bahwa Anda orang yang enak, fleksibel, trampil, cakap, dan pas untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan wawancara kerja.

Persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan wawancara kerja.

 Saat Mengisi Berkas

Pada wawancara yang dijadwalkan, cobalah untuk mengisi semua bidang dalam formulir pertanyaan dan pastikan semua informasi yang Anda berikan cocok dengan resume Anda. SDM akan melakukan pertimbangan dengan melihat kesamaan antara formulir pertanyaan dan resume Anda. Jangan memberikan informasi yang salah. Jawab tidak tahu jika Anda tidak memiliki informasi yang sahih terkait suatu pertanyaan.

Saat Anda menerima dokumen terkait proses wawancara lewat internet, pastikan tema yang disebutkan cocok dengan kriteria Anda. Dokumen online yang Anda terima mungkin saja terlalu banyak berisi informasi tentang performa ketrampilan Anda, jadi tidak usah terlalu risau. Anda dapat berkonsentrasi pada informasi, proses, atau tema tertentu saja dan berusaha menjawab atau melakukannya secara dewasa sehingga pewawancara dapat menilai performa Anda.

Negosiasi Gaji

Bersiaplah bernegosiasi dengan pemberi kerja saat Anda ditanya berapa gaji yang diharapkan. Jangan menyebutkan besaran yang Anda inginkan begitu saja dan tanyakan pada diri Anda sendiri “berapa rentang yang mereka tawarkan”? Anda juga dapat menegosiasikan gaji dengan menjelaskan tingkat pengetahuan dan ketrampilan Anda. Ini agar mereka tahu bahwa ketrampilan dan pengetahuan serta pengalaman Anda sangat berguna bagi organisasi dan kemajuan mereka di masa mendatang.

Akhirnya...!

Akhirnya…!

Tidak ada teori pasti tentang cara memperoleh pekerjaan. Semua tergantung individu dan kebutuhan, situasi, kebijakan, atau kondisi perusahaan. Anda dapat meningkatkan peluang memperoleh pekerjaan dengan mengikuti seminar, acara, dan bursa kerja.

 

*This article is adapted from Articlesbase. You can find the original work at www.articlesbase.com/interviews…/be-a-performer-in-an-interview-2641638. html

Leave a comment